Teks Prosedur Cara Mengoperasikan Mesin Potong Rumput


Dalam hal ini Saya akan menyalin teks prosedur cara mengoperasikan mesin potong rumput merk Stihl dari buku panduan manual yang didapat ketika membeli mesin potong rumput Stihl. Hanya mohon maaf Saya hanya membatasi masalah pengoperasiannya saja, masalah lain seperti pemeliharaan, cara penggunaan dan keamanan, tidak akan Saya bahas ya, soalnya terlalu panjang.

Menghidupkan motor
Langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuka katup bahan bakar dari tangki pengisian bahan bakar. Terlebih dahulu Anda harus paham dengan tombol berhenti dan tuas gas. Tombol berhenti yang berlabel STOP berguna untuk menonaktifkan pengapian pada mesin. Tombol berhenti yang tidak dioperasikan berada pada posisi Pengoperasian. Pengapian diaktifka maksudnya mesin siap dioperasikan dan pengapian dapat dilakukan. Pengapian akan dinonaktifkan jika tombol STOP ditekan. Jika tombolnya dilepas, pengapian akan siap kembali diaktifkan.

Posisi tuas dibagi 3 yakni posisi idle, gas start dan kecepatan penuh. Posisi idle yakni mesin berjalan dalam putaran idle. Posisi gas start, posisi tuas gas saat menstarter mesin (1/3 dari kecepatan penuh). Posisi kecepatan penuh yakni posisi tuas gas untuk kecepatan penuh dengan putaran tinggi.

Pada saat menstarter, tuas gas pada posisi gas start. Sementara tuas flap starter berada pada posisi di atas jika mesin dingin, dan ke posisi bawah jika mesin panas atau berjalan namun masih dingin. Operasikan tipper seentar saja hingga bahan bakar mengalir.

Pastikan untuk menggunakan mesin dengan rangka pendukung di atas permukaan tanah. Posisikan poros fleksibel hingga agak melengkung. Kabel gas harus posisi memanjang dan paralel dengan poros fleksibel sserta tidak melilit.

Periksa sambungan konektor pada kedua kabel hubung singkat. Sambungan harus terpasang dan kabel tidak boleh rusak, jika tidak, terdapat resiko kecelakaan karena mesin tidak dapat dimatikan.

Letakkan alat potong dengan gagang yang berada di dekat transmisi, misalnya pada penyangga. Alat potong boleh menyentuh tanah atau benda apapun namun jaga jarak aman. Pegang mesin dengan tangan kiri pada penutup mesin dan injak rangka pendukung dengan satu kaki.

Pegang gagang starter dengan tangan kanan. Tarik keluar gagang starter secara perlahan hingga mencapai batas akhir lalu tarik dengan cepat dan kuat. Jangan tarik kawat sampai habis sebab bisa putus.

Jangan biarkan gagang starter tertarik kembali dengan cepat, kembalikan ke arah sebaliknya seperti semula agar kawat starter dapat tergulung dengan benar. Setela itu, coba nyalakan lagi.

Setelah pengapian pertama, tuas flap starter harus di atur ke bawah kemudian starterlah hingga mesin beroperasi. Setelah mesin nyala, segera putar tuas gas ke posisi idle.

Dengan pengaturan karburator yang benar, alat potong tidak akan berputar saat mesin dalam posisi idle. Alat siap digunakan dan dibawa di atas punggung.

Mematikan mesin 
Untuk mematikan mesin, cukup tekan tombol berhenti yang berlabel STOP hingga mesin berhenti bergerak. Tutup katup bahan bakar jika masih tersisa.

Itulah yang bisa Saya sampaikan dalam hal cara menghidupkan mesin rumput, mengoperasikan dan menggunakan mesin pemotong rumput gendong yang benar sesuai buku petunjuk manual dari pabrik. Baca juga :
- mesin potong rumput tidak mau hidup 
- cara menggunakan mesin pemotong rumput gendong 
cara bongkar mesin potong rumput gendong



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top