Sekilas Tentang Mesin Potong Rumput


Menurut Wikipedia, mesin potong rumput adalah mesin yang menggunakan satu pisau atau lebih yang bergulir untuk memotong permukaan rumput. Ketinggian rumput yang dipotong dapat disesuaikan dengan desain pemotong rumput, tetapi umumnya disesuaikan oleh operator, biasanya pada master tuas tunggal atau dengan tuas atau mur dan baut pada masing-masing roda mesin.

Pisau akan bergerak sesuai dengan desain mesin dengan roda mekanis yang terhubung langsung ke pisau pemotong sehingga ketika mesin pemotong didorong ke depan, maka pisau akan berputar. Mesin juga bisa bergerak dengan tenaga baterai atau menggunakan motor listrik.

Sumber daya yang paling umum digunakan untuk mesin pemotong rumput adalah dengan menggunakan mesin pembakaran. Mesin pemotong kecil biasanya membutuhkan tenaga manusia untuk bergerak dengan berjalan bolak-balik sambil didorong di belakang atau digendong.

Mesin pemotong rumput yang lebih besar biasanya justru bisa dinaiki atau dikendarai oleh operator dan mengendalikannya. Ada juga mesin pemotong rumput robot yang dirancang untuk beroperasi sendiri dengan menggunakan remote control.

Ada dua tipe pisau yang digunakan dalam mesin pemotong rumput. Mesin pemotong rumput yang menggunakan pisau tunggal yang berputar pada sumbu vertikal tunggal dikenal sebagai mesin pemotong rotary, sedangkan yang menggunakan balok pemotongan dan beberapa pisau yang berputar pada sumbu horisontal tunggal dikenal sebagai mesin pemotong silinder.

Ada beberapa jenis mesin pemotong, masing-masing cocok untuk skala tertentu dan tujuan tertentu. Jenis terkecil adalah mesin pemotong yang didorong, cocok untuk rumput perumahan kecil dan kebun. Penggunaan tenaga listrik atau bensin hanya digunakan untuk lingkungan perumahan dan area kebun yang lebih besar.

Mesin pemotong yang dikendarai kadang-kadang menyerupai traktor kecil, lebih besar dorongan tenaganya dan cocok untuk memotong rumput besar, yang dirancang untuk memotong area yang luas dengan kecepatan tinggi dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Ada juga jenis mesin pemotong rumput yang dipasang pada traktor dan dirancang untuk hamparan rumput yang luas seperti lapangan golf dan taman kota dan tidak cocok untuk medan yang kompleks.

Jenis mesin pemotong rumput berdasarkan rotasi

Mesin pemotong Silinder 
Mesin pemotong silinder menggunakan pisau pemotong secara horisontal pada ketinggian yang diinginkan. Mesin pemotong silinder akan membuat rumput terpotong sependek mungkin. Mesin pemotong silinder sangat cocok digunakan pada area lurus dan datar dan akan mengalami kesulitan memotong di medan yang tidak rata.

Ada banyak varian dari mesin pemotong silinder. Mesin pemotong yang didorong tanpa memiliki mesin dan biasanya digunakan pada daerah kecil, atau area di mana tidak boleh ada polusi suara dan polusi udara seperti halaman rumah sakit.

Sedangkan mesin bensin atau motor listrik dapat juga ditambahkan ke mesin pemotong silinder untuk memotong rumput perumahan yang lebih luas. Yang lebih besar adalah mesin pemotong yang dikendarai.

Bagian utama dari mesin pemotong silinder adalah pisau gulungan/silinder yang terdiri dari 3-7 pisau spiral yang melekat pada poros berputar. Pisau yang memutar menciptakan gerakan pemotongan seperti gunting, pisau horisontal tetap yang dipasang ke bingkai pemotong rumput, kerangka struktural utama dari mesin pemotong, roda untuk mendorong mesin pemotong beraksi yang umumnya memiliki dua roda, pegangan untuk mesin pemotong dioperasikan secara manual serta motor yang menjalankannya menggunakan bensin atau listrik.

Mesin pemotong Rotary  
Mesin pemotong rotary berputar pada sumbu vertikal dengan kecepatan tinggi. Mesin ini cenderung menghasilkan potongan yang kasar, memar, tercabik dan mengakibatkan perubahan warna daun yang terpotong. Sangat lazim jika pisau menjadi tersumbat atau tumpul.

Bagian utama dari mesin pemotong rotary adalah rumah pisau,  pisau yang berputar dan sistem penggerak, mesin yang didukung bensin atau listrik dan roda. Kalau di Indonesia pengguna individu lebih banyak yang menggunakan mesin potong rumput gendong.

Jenis mesin pemotong rumput berdasarkan bahan bakar

Mesin pemotong rumput bensin  
Kebanyakan mesin pemotong berbahan bakar bensin adalah jenis rotary. Mesin yang dipakai biasanya mesin empat langkah, digunakan untuk torsi yang lebih besar dan pembakaran bersih meskipun sejumlah model lama menggunakan mesin dua langkah. Mesin pembakaran internal yang digunakan dengan mesin pemotong rumput biasanya hanya memiliki satu silinder. Daya yang dihasilkan umumnya berkisar 4-7 tenaga kuda. Mesin biasanya memiliki karburator dan memerlukan tarik engkol manual untuk mulai menghidupkan, meskipun ada juga yang memakai starter.

Beberapa mesin pemotong memiliki kontrol di stang untuk operator agar dapat mengatur kecepatan mesin. Mesin pemotong lainnya memiliki kecepatan mesin yang tetap. Mesin pemotong bensin memiliki keunggulan dibandingkan mesin pemotong listrik dari segi kekuatannya yang lebih besar dan jangkauan jarak. Namun mesin bensin menimbulkan polusi akibat pembakaran di mesin dan mesinnya membutuhkan perawatan berkala seperti pembersihan atau penggantian busi dan filter udara dan mengganti oli.

Mesin pemotong rumput listrik
Mesin pemotong listrik dibagi lagi menjadi model listrik kabel dan tanpa kabel. Keduanya relatif tidak berisik dan biasanya memproduksi suara kurang dari 75 desibel, sementara mesin pemotong bensin rumput dapat menghasilkan 95 desibel atau lebih.

Mesin pemotong listrik Corded sangat terbatas dalam kisaran jarak tertentu karena adanya kabel listrik yang membuntuti mereka sehingga membatasi penggunaannya hanya untuk memotong rumput dengan area 30-45 m dari stopkontak. Ada bahaya tambahan dari mesin ini jika mesin memotong kabel listrik sehingga pengguna berisiko menerima sengatan listrik.

Mesin pemotong listrik tanpa kabel biasanya menggunakan tenaga baterai isi ulang. Semakin banyak baterai, semakin luas pekerjaan dan tentunya lebih berat. Baterai dapat disimpan di dalam mesin pemotong rumput atau di luar. Mesin pemotong tanpa kabel lebih ramah lingkungan tetapi lebih mahal. 



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top