Alat Pemotong Rumput Sederhana


Alat pemotong rumput sederhana ini sebetulnya nggak akan ada yang jual, soalnya biasanya dibikin sendiri untuk keperluan sendiri. Biasanya alat pemotong rumput ini dibuat dari bahan-bahan bekas yang tidak terpakai lagi namun masih bisa dimanfaatkan.

Butuh kreatifitas dan seni rancang bangun kalau Anda bermaksud membuat alat pemotong rumput sederhana tersebut. Tentu saja Anda bisa minta bantuan Mbah Youtube, untuk dimintai ilmunya tentang bagaimana cara membuat alat potong rumput sederhana itu.

Sebagai contoh, Saya lihat ada tutorial bagus bagaimana cara membuat alat pemotong rumput sederhana yang tidak berbahaya bagi anak-anak SD kelas 6. Lumayanlah buat bersih-bersih rumput kecil, hitung-hitung pembelajaran.

Bagaimana cara membuatnya ? Simak artikel di bawah yang merupakan salinan dari Kaskus. Pertama siapkan peralatan dan bahan.

Alat-alat yang mesti disiapkan :
- gunting seng
- lem lilin dan solder tembak
- pisau cutter
- solder biasa
- palu
- obeng
- paku

Bahannya :
- kaleng susu
- dinamo tamiya
- baterai 2 buah
- bekas gulungan tisu
- tutup botol
- saklar on off
- isolasi
- baut
- kabel

Cara buatnya
Langkah pertama, potong bagian tengah kaleng susu, dapat menggunakan pisau pemotong, dan rapihkan dengan menggunakan gunting, lalu buat gigi di sisi kaleng dalam bentuk lingkaran agar terlihat tajam, buat zigzag menggunakan gunting.




Potong bagian tengah kaleng menggunakan paku dan palu untuk membuat lubang kecil di tengah. Siapkan motor dynamo tamiya dan ambil isi pulpen. Masukkan isi pulpen ke dalam kepala dinamo. Jika perlu dilem agar kuat. Potong isi pulpen sekitar 2 cm dan potong sisa isi pulpen yang menempel pada motor dinamo yang tidak terpakai.

Gabungkan kaleng dengan motor dinamo yang dikencangkan menggunakan baut yang terhubung dengan isi pena yang telah ditempelkan ke dinamo. Kencangkan menggunakan obeng dan lem dengan menggunakan lem lilin agar tahan getaran dan kuat untuk.




Selanjutnya rakitlah baterai! Ambil gulungan tisu bekas dan potong bagian tengah secara horizontal, dan gabungkan dua baterai menggunakan isolasi di tengah sehingga (+) & (-) terhubung. Potong kabel sesuai kebutuhan untuk hitam (-) dan merah (+). Pasang kabel di setiap sisi baterai sesuai warna menggunakan solder. Tutup baterai yang telah digabungkan sebelumnya dengan gulungan tisu, lem menggunakan lem lilin.




Selanjutnya ambil dua tutup botol dan gabungkan menggunakan lem lilin untuk dudukan dinamo. Dan letakkan bagian tengah tutup botol sehingga dinamo dapat masuk, pasang dan tempelkan. Gabungkan dua bagian yang telah dirapikan, Part 1 dynamo & Part 2 Lem baterai antara bagian bawah tutup botol dan bagian atas baterai.


Sambungkan kabel dari baterai ke dinamo, untuk (-) hitam ke saklar kaki on off dan hubungkan kabel dari sakelar kaki ke yang lain ke dinamo dan untuk (+) kabel merah dapat langsung terhubung ke dinamo.


Hasilnya menjadi alat pemotong rumput sederhana mainan di bawah ini.

Alat Pemotong Rumput Sederhana

Selanjutnya baca juga tentang :
alat pemotong rumput manual
mesin pemotong rumput tenaga baterai



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top