Cara Memperbaiki Mesin Potong Rumput Gendong


Jika Anda punya masalah dengan mesin potong rumput gendong, misalnya apa penyebab mesin potong rumput tidak bertenaga, maka tidak ada jalan lain yang bisa Anda lakukan kecuali memperbaikinya. Kalau Anda buta sama sekali tentang mesin, solusi yang tepat adalah datang ke tukang service mesin potong rumput yang terdekat dari rumah Anda. Tapi kalau Anda punya sedikit ketertarikan dalam hal bongkar membongkar mesin potong rumput gendong, maka tidak ada salahnya untuk memperbaiki sendiri di rumah.

Untuk menunjang hal itu, Anda harus mengetahui dulu sedikit ilmu tentang bagaimana cara bongkar/memperbaiki/repair mesin potong rumput gendong yang bisa Anda cari di internet termasuk lewat blog ini. Anda harus tahu mengklasifikasikan dahulu kerusakan yang terjadi, apakah mesin rumput tidak bisa hidup sama sekali, hidup kemudian langsung mati, hidup dan baru sebentar dipakai langsung mati, tidak ada tenaga dan lain sebagainya. Jika jenis kerusakan sudah diketahui, maka nantinya kita bisa meraba-raba bagian mana yang sekiranya mengalami kerusakan.

Kali ini Saya akan menuliskan beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin potong rumput berdasarkan hasil pengalaman Saya sendiri di lapangan.

Mesin potong rumput tidak mau hidup
Tahap pertama yang bisa Anda cek adalah businya. Buka businya lalu cek apakah hidup atau tidak. Cara ngeceknya, buka busi dari tempatnya lalu biarkan bagian kabelnya tetap menempel. Letakan bagian ujung busi ke bagian bodi mesin potong rumput yang mengandung logam. Hidupkan mesin potong rumput dan perhatikan ujung busi tadi. Jika masih ada percikan api yang bagus, berarti busi masih bagus. Namun jika tidak ada percikan sama sekali, berarti busi mati dan harus diganti. Jika ada percikan api namun arahnya ke mana-mana, coba bersihkan dulu businya dengan bensin sampai bersih dan coba lagi, barangkali busi masih bisa dipakai. Jika setelah dibersihkan, tetap tidak hidup, lebih baik ganti busi dengan yang baru.

Lalu apa penyebab busi cepat mati. Berdasarkan penglaman Saya, busi yang sering mati itu akibat pencampuran oli 2 tax yang terlalu banyak. Ciri pencampuran olie terlalu banyak adalah asap yang berwarna hitam dan bau. Walaupun di dalam buku panduan ada ukuran jumlah olie yang dicampurkan, namun dalam prakteknya, biasanya ukuran tersebut terlalu banyak. Sebagai contoh, berdasarkan aturan, untuk setiap isi bensin dengan full tank, biasanya dicampur dengan 2 sloki (tutup oli) oli 2 tax. Namun dengan ukuran tersebut, Saya malah harus ganti busi setiap hari dan ribet sekali. Akhirnya Saya nanya sama mereka yang berpengalaman, para tukang potong rumput, ternyata mereka ngasih olie vampurnya maksimal satu sloki saja, itu juga masih harus ganti busi walaupun tidak terlalu sering. terakhir Saya coba pakai olie setengah sloki saja dan sampai saat ini Saya nggak pernah ganti busi lagi.

Selain masalah busi, mesin potong rumput yang tidak mau nyala, bisa diakibatkan karena masalah karburator, misalnya penuh dengan kotoran sehingga menghalangi keluarnya bensin, jarum karburator yang patah atau bengkok dan ada bagian karburator lainnya yang patah atau rusak. Cara memperbaikinya tentu Anda harus lepas dulu karburatornya, dicek secara hati-hati, periksa jarum karburator dan spare part di dalam karburator, bersihkan dari kotoran. Jika ada kerusakan di dalamnya semisal adanya komponen yang rusak atau patah, maka mau tidak mau harus ganti karburator. Jangan khawatir, spare part karburator banyak dijual di pasaran dalam berbagai merk.

Selain masalah busi dan karburator, menurut tukang servisnya, ada masalah lain yang menyebabkan mesin potong rumput tidak mau hidup yakni kerusakan di bagian magnet. Kalau urusannya ke magnet, maka Saya tidak bisa ngasih ulasan karena belum berani membongkar bagian ini. Soalnya ada pengaturan penempatan bagian ini yang robah dan harus disetting kembali ke awal. Dan Saya sendiri tidak tahu setingan awal harus berapa dan gimana. Mau tak mau, ini adalah bagian dari tukang servis mesin rumput dan biarkan tukang servis mendapat rejekinya dengan memperbaiki mesin kita yang rusak.

Yang perlu diingat adalah agar mesin potong rumput kita tidak cepat rusak, maka lakukan perawatan secara maksimal, misalnya pemberian olie atau stempet di bagian logam fleksibel dan kepala pisau, selalu mengasah pisau, selalu mengelap dan membersihkannya sehabis dipakai, mengecek komponen, menggunakannya tidak terlalu lama, hindari terkena air, hindari batang-batang pohon yang keras dan batu terkena pisau dan lain sebagainya.

Untuk para penggunanya pun perhatikan keselamatan, misalnya pakai helm, kaca mata, masker, sarung tangan, sepatu boot, pakaian kerja dan lain sebagainya supaya terhindar dari hal-hal yang tidk diinginkan.

Ganti oli mesin potong rumput gendong ?

Dalam mesin potong rumput gendong pada umumnya tidak ada istilah ganti oli mesin, sebab oli yang dipakai adalah oli untuk mencampur bahan bakar alias oli 2 tak. Jadi untuk mesin potong rumput 2 tak, istilahnya adalah oli campur. Adapun oli lain yang dipakai adalah sejenis oli stempet untuk pelumasan bagian-bagian tertentu seperti bagian bearing agar tidak aus atau cepat panas.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara bongkar mesin potong rumput gendong dan penyebab kerusakan mesin potong rumput mati atau susah hidup yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Anda semua.

Baca juga :
mesin potong rumput sering mati
piston mesin potong rumput
mesin potong rumput yang bagus
tempat service mesin potong rumput



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top