Takaran Bensin Campur Oli Samping Mesin Potong Rumput


Takaran bensin campur oli samping mesin potong rumput itu sama saja dengan mesin 2 tax pada umumnya. Jumlah oli dan bensin yang salah, akan sangat mempengaruhi usia komponen mesin potong rumput. Hal ini karena desain motor pemotong rumput merupakan mesin 2 tax tanpa menggunakan oli mesin. Oleh karena itu proses pengisian bahan bakar adalah hal pertama yang harus diperhatikan dengan baik.

Oli yang digunakan di sini adalah oli 2 tax, mereknya bebas dan bahan bakar yang digunakan mungkin premium atau pertamax. Ukuran standar yang cocok untuk mesin potong rumput ini adalah rasio 20:1 (bensin:oli 2 tax), jangan terlalu banyak minyak atau kurang.

Maksudnya, untuk 20 liter bensin diperlukan 1 liter oli 2 tax, atau untuk 1 liter bensin diperlukan oli 2 tax sebanyak 1/20 atau 50 mililiter.

Jika campuran oli terlalu banyak, pengendapan akan terjadi di karburator, dan proses pembakaran akan melepaskan kotoran berlebih berupa asap tebal, membuat busi cepat kotor dan cepat rusak. Jadi, akibat oli terlalu banyak saat pencampuran, maka komponen yang akan cepat rusak adalah karburator dan busi. Indikasinya adalah ketika mesin dinyalakan, dari knalpot akan timbul asap yang sangat tebal.

Berbeda halnya jika komposisi oli terlalu sedikit dibandingkan dengan bensin, maka komponen piston dan blok mesin akan cepat aus karena ketika piston bekerja, lebih sedikit lubrikasi atau peluma di situ. Bagian ini akan cepat tergores atau bahkan pecah karena gesekan yang berlebihan dan yang paling pasti adalah mesin akan memanas dengan cepat.

Takaran Bensin Campur Oli Samping Mesin Potong Rumput


Saat mencampur oli dan bahan bakar, sebaiknya jangan mencampurnya pada tangki mesin karena pencampuran tidak akan sempurna. Gunakan botol takaran oli samping yang sudah tersedia dalam paket pembelian.

Jadi sekarang jelas kan bagaimana takaran bensin campur oli samping pada mesin potong rumput ? Nggak masalah mau pakai jenis oli untuk mesin potong rumput merk apa, yang jelas takaran oli samping untuk 1 liter bensin pertamax/premium misalnya, itu harus sesuai rasio di atas.

Baca juga :
- 1 liter bensin berapa tutup botol oli samping
- oli samping yang bagus untuk mesin potong rumput
- kapasitas tangki mesin potong rumput
- oli mesin potong rumput dorong
- harga oli mesin potong rumput
- cara ganti oli mesin potong rumput 2 tak
- oli 2 tak



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top