Penyebab Mesin Potong Rumput Mati


Anda masih baru menggunakan mesin rumput ? Anda bingung apa penyebab mesin potong rumput di gas mati tiba tiba padahal masih baru ? Saya juga pernah mengalaminya, mesin baru merk Stihl, bensin penuh tapi mati lagi-mati lagi. Ganti busi baru nyala lagi. Masa tiap hari harus ganti busi. Sudah manggil tukang service, eh cuman tahan sehari.

Namun hasil investigasi Saya dengan para tukang potong rumput dan juga penjual onderdil mesin rumput, barulah Saya tahu akar masalahnya. Kalau Anda punya masalah yang serupa dengan Saya, tenang, Saya mau kasih tahu apa penyebab mesin potong rumput mati terus tersebut.

Menurut informasi yang Saya dapat dari teman-teman pakar pemotong rumput dan tukang onderdil mesin, mereka sering menemukan kasus tersebut. Ternyata masalahnya adalah salah dalam pencampuran olie.

Kita tahu bahwa mesin potong rumput yang banyak beredar di pasaran, menggunakan bahan bakar 2 tak yaitu bensin murni yang dicampur olie 2 tak. Komposisi pencampuran inilah yang akan menentukan awet tidaknya sebuah busi. Semakin banyak olie yang dicampurkan, maka akan semakin mengotori busi dan busi cepat panas dan akhirnya cepat mati.

Kalau Saya lihat di panduan buku operasionalnya, untuk 1 liter bensin harus dikasih olie sekitar 20 ml. Kalau diukur pakai tutup bekas olienya, mungkin sekitar 2 tutup botol olie. Dan memang hasil pembakaran dengan menggunakan sebanyak 2 tutup olie tersebut, menghasilkan asap yang hitam dan bau. Ini artinya olie terlalu banyak.

Berdasarkan informasi dari para tukang potong rumput, biasanya mereka hanya menggunakan setengah tutup olie untuk mencampur satu liter bensin. Informasi tersebut langsung Saya praktekkan dan ternyata memang benar, mesin potong rumput Saya sekarang nggak pernah ngadat lagi. Baunya tidak terlalu menusuk hidung dan sangat minim asap.


Menurut buku panduan, jika penambahan olie tidak sesuai dengan aturan, maka ditakutkan akan merusak mesin. Namun sejauh ini Saya belum menemukan masalah tersebut dan para pakar potong rumput pun jarang atau tidak menemukan kerusakan yang berarti.

Itulah salah satu penyebab mesin potong rumput tidak mau hidup atau mati/susah hidup atau mati, dalam hal ini kasus yang dialami oleh Saya adalah terlalu banyak memberikan olie samping sehingga mesin potong rumput susah hidup yang ujung-ujungnya harus ganti busi tiap hari. Mungkin saja ada penyebab lain yang dialami oleh Anda dengan jenis kerusakan pada mesin pemotong rumput yang berlainan.

Setidaknya info ini bermanfaat sehingga Anda tahu sedikit bagaimana cara memperbaiki mesin pemotong rumput gendong sendiri sebelum pergi ke tukang servis mesin rumput. Namun kalau Anda takut, lebih baik jangan bongkar mesin potong rumput gendong sendiri kalau belum tahu cara kerja mesin potong rumput gendong dengan baik.

Baca juga artikel lainnya :
mesin potong rumput gas tidak stabil
penyebab mesin potong rumput cepat panas
cara bongkar mesin potong rumput gendong
harga mesin potong rumput stihl
magnet mesin rumput
piston mesin potong rumput
ganti oli mesin potong rumput gendong
bagian bagian mesin pemotong rumput gendong
cara kerja mesin potong rumput gendong
tempat service mesin potong rumput



============================

LAGI PROMO

Busi Mesin Rumput
Mesin Rumput Baterai
Pisau Mesin Rumput
Fleksible Mesin Rumput
Mesin Rumput Buatan Jerman
==========================
Back To Top